Halaman

Subscribe:

Labels

Minggu, 10 Juli 2011

VB6 - IDE

Untuk dapat menggunakan Visual Basic, anda harus mengetahui IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan kerja dari VB6 itu sendiri. Tampilan IDE VB6 terlihat seperti gambar di bawah ini.


1. Menu Bar

Bagian menu bar VB6 sudah ditandai di gambar di atas.
Pada bagian menu bar terdapat 11 menu utama, yaitu File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Tools, Add-Ins, Window dan Help. Untuk menggunakan menu bar, anda tinggal mengklik pada menu utama kemudian memilih pada submenu.

2. Toolbar

Toolbar tidak ditandai di gambar di atas tetapi letaknya berada tepat dibawah menu bar. Fungsinya mirip seperti menu bar, hanya saja pada toolbar pilihan-pilihan berbentuk icon. Untuk memilih suatu proses yang akan dilakukan, anda tinggal mengklik icon yang sesuai dengan proses yang anda inginkan. Icon-icon pada toolbar adalah pilihan-pilihan pada menu yang sering digunakan dalam membuat program aplikasi. Dengan adanya toolbar, memudahkan anda untuk memiliki proses yang sering dilakukan tanpa harus memilihnya pada menu bar.

3. Toolbox

Toolbox adalah tempat di mana kontrol diletakkan. Kontrol-kontrol yang terdapat pada toolbox dipakai dalam pembuatan program aplikasi. Untuk membuat objek kontrol pada form program aplikasi diambil dari kontrol-kontrol yang ada pada toolbox.

4. Project Explorer

PE adalah tempat untuk melihat daftar dari form dan module yang digunakan dalam proyek. Melalui PE juga, anda dapat memilih form yang akan dipakai.

5. Properties Window

PW adalah tempat untuk properti dari setiap objek kontrol. PW juga dipakai untuk mengatur properti dari objek kontrol yang dipakai. Dengan PW, anda dapat mengubah properti yang nantinya akan dipakai sebagai default dari objek kontrol pada waktu pertama kali program dieksekusi (dibuka).

6. Form

Form adalah tempat anda membuat tampilan untuk program aplikasi Anda. Pada form, anda dapat meletakkan atau menambahkan objek kontrol.

7. Kode Editor

Kode Editor adalah tempat anda meletakkan atau menuliskan kode program dari program aplikasi anda. Bagian kode editor dapat dibuka dengan klik menu View lalu klik Code.

0 comments:

Posting Komentar